Jumat, 17 Januari 2020

PERTAMA KALI DIADAKANNYA PESTA KESENIAN BALI

pesta kesenian bali
Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan kegiatan yang rutin diadakan di Bali, yang bertujuan sebagai media dan sarana untuk menggali dan melestarikan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan.
Penggalian dan pelestarian seni budaya meliputi filosofi, nilai-nilai luhur dan universal, konsep-konsep dasar, warisan budaya baik benda atau bukan benda yang bernilai sejarah tinggi, ilmu pengetahuan dan seni sebagai representasi peradaban serta pengembangan kesenian melalui kreasi, inovasi, adaptasi budaya dengan harapan agar tetap hidup dan ajeg tak hilang ditelan waktu dan jaman yang semakin berkembang.
Pesta Kesenian Bali (PKB) pertama kali diadakan pada tahun 1979 dan Almarhum Bapak Prof. Dr. Ida Bagus Mantra sebagai penggagas awal pergelaran acara ini. Tujuan lain dari Pesta Kesenian Bali (PKB) ialah untuk menampung hasil karya cipta, seni dan aspirasi berkesenian baik kesenian hasil rekonstruksi, seni hasil inovasi, atraksi kesenian serta apresiasi seni dan budaya masyarakat Bali khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar